SEGUDANG INFO - Apakah anda pernah mengalaminya atau pada saat ini suami yang jadi tulang punggung keluarga telah merasakan hal tersebut? Ya, pastinya bingung yang wajar ketika suami telah di PHK. Akan tetapi, anda harus tanang. Jangan depresi terlebih dahulu.


Kerja semacam ini tidak disebabkan oleh pihak karyawan, akan tetapi bisa juga dikarenakan ada beberapa masalah dalam perusahaan tempat kerja. Tidak perlu menyalakan sang suami. Di bawah ini ada beberapa tips yang harus kami renungkan ketikan suamimu terkena PHK.

1. Jangan panik


ketenangan anda hatus menentukan yang akan tejadi selanjudnya. Apakah anda dan keluarga akan ikut hancur bersama, atau sekluarga memlih saling menguatkan dalam menghadapi kejamnya dunia bersama-sama.

Yup, ketika suamimu pulang dengan membawa berita bahwa dirinya telah di-PHK, jangan panik terlebihan. Namun, jangan biarkan kepanikan menggerogoti kesadaran diri. Ambillah nafas yang dalam-dalam dan tenangkan dulu pikiran dan hatimu.

Setelah anda menjadi cukup tenang, barulah anda siap untuk memberikan semangat kepada suami, agar keluargamu selamat dari keterpurukan dalam hal ini.

2. Berilah dukungan yang mental untuk suami


Ketika sang suami telah di PHK, yang dia butuhkan adalah dukungan dari anda, bukan bentakan atau tudingan yang akan semakin memojokkannya. Sang suami sudah cukup tertekan karena berita tersebut, jadi jangan pernah anda menambah beban dan pikirannya. 

Hal ini sudah menjadi tugas anda sebagai ibu rumah tangga yang baik untuk selalu membeli dukungan, mendampingi dan menyemangati dalam kondisi tersebut.

3. Ajaklah suami mengobrol sekaligus introspeksi diri


berhati-hatilah dalam memilih kata-kata, jangan pernah sharing yang kamu dan suami lakukan berubah menjadi debat yang panas, hal tersebut akan memperburuk suasana dan keadaan. Segeralah memperbaiki kesalahan yang ada dan dukunglah suamimu untuk memulai mengembangkan lagi kemampuan yang telah dia miliki.

4. Percaya pada kekuatan doa


Pada akhirnya, segala kesulita akan bisa dihadapi jika adan percaya kepada kekuatan doa. Termasuk pada saat suamimu di PHK, yang bisa anda lakukan adalah perbanyak berdoa untuk bisa menenangkan diri. Selain itu, berdoa akan membuakan hal yang positf kelanjutan pada keluarga nantinya.

Nah itulah beberapa tips yang harus anda jadikan pengangan pada saaat sang suami atau pasangan anda mengalami PHK. Kuncinya adalah harus bisa menerika keadaan dan terus optimis dalam menjalani kehidupan selanjudnya.