Mengolah Danging Steak yang Benar

Kalian pasti sudah tiak asing dengan makanan yang satu ini, namun kalian juga harus tahu bagai mana cara mengolah dengan baik dengan tingkat kematangan yang sempurna. Mari kita bahas tentang apa saja yang bisa terjadi jika kita memasak steak dengan tingkat kematangan yang kurang sempurna.

Kalian harus tahu bahwa daging yang tidak matang tidak baik untuk kesehatan.

Kita ketahuai bahwa makan yang tidak matang memang kurang baik untuk di konsumsi, banyak kuman yang terkandung di dalam makanan yang tidak matang dan akan membuat tubuh kita di huni banyak bakteri dan juga penyakit.

E.coli

klaian sudah pasti tahu yang satu ini, ini adalah salah satu bakteri yang sering sekali di temukan di dagung yang tidak matang. dan banyak sekali yang bisa di akibatkan jika manusia sudah terkena oleh bakteri ini. 

Biasanya bakteri ini ada di setiap permukaan daging menatah, di sarankan untuk memasak danging alangkah baiknya kalian harus memasak dengan kematangan yang benar. 

Sebagian danging yang di jual di swalayan atau supermarket jika di simpan dengan suhu yang benar makan daging akan baik untuk di konsumsi. Namuan jika daging tidak di simpan denganbenar maka bakteri akan bersatang di permukaanny.

Salmonella

Bakteri yang satu ini juga sama dengan E.coli yang bersara di permukaan dagung yang mentah, banyak juga yang akan di akibatkan oleh bakteri yang satu ini salah satunya adalah demam, keram di perut, bahkan sampai diare.

Jika gejala di atas tidak di tangani maka akan mengakibatkan kondisi yang lebih buruk lagi. Maka kalian harus lebih teliti untuk mengola makanan terutama danging.

Listeria

Kalian perlu tahu bahwa bakteri ini juga sering muncil di daging belum matang, meskipun kalian juga tahu bahwa bakteri Listeria sering di jumpai di daging yang sudah jadi. 

Bakteri ini juga bisa mengakibatkan banyak resiko yang bisa memperburuk keadaan tubuh kita. Bahkana akan berbahaya jika ibu hamil memakan makanan yang tidak matang.

Apa saja yang harus kalian perhatikan dalam memasak daging dengan sempurna

Mari kita bahas mengenai apa saja yang harus di perhatikan dalam memasak daging agar tidak menjadi sarang bakteri, Di bawah ini adalah cara masak yang benar :

1. menyimpan dangin secara baik dan benar

Setelah membeli danging di manapun kalian harus segera menyimpannya didalam kulkas. Karena biasanya daging yang di jual di supermatker cara penyimpanannya tidak terjamin baik.

Simpan daging ke dalam tempat plastik atau tempat yang tertutup rapat. Jika kalian merencanakan memasak di beberapa hari berikutnya.

Perlu kalian tahu jika kalian menyimpan daging di dlaam freezer, makan daging bisa bertahan paling lama 4 hari.

2. Hindari mencairkan daging dengan suhu ruangan

Daging yang sudah di bekukan hindarkan mencairkan dengan suhu ruangan, karena daging yang di letakan begitu saja di ruangan terbuka akan menjadi sarang bakteri. Dan akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat. 


Cara yang paling tepat untuk mencairkan daging ialah pindahakan daging di kulkas bagiian bawah, atau menggunakan microweve. Dengan cara itu maka daging akan aman dari bakteri yang ada dan bakteri juga tidak akan berkembang lebih epat.

3. Cara memasak

Dari cara diatas ini adalah cara yang paling terpenting, yaitu cara memasak daging itu sendiri. Jika kalian memiliki termometer makanan kalian bisa menggunakannya saat kalian memasak daging.

Kalian bisa memastikan apakah bakteri sudah mati atau belum ketika kalian memasak sengan tingkat panas kalian mencapai paling tinggi 82 drajat celcius. Maka di sana kalian bisa mengetahui bahwa bakteri telah mati. Karena bakteri akan mati di suhu tersebut.

Dan sebaiknya jangan menggunakan perkiraan ketika kalian memasak daging terutama memeperkirajan saat daging tersebut sudah matang. Alangkah baiknya kalian dengan mengukur suhunya.

Sekian informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat SEGUDANG INFO