Mengatur Porsi Makan Untuk Diet yang Tepat

Mengatur Porsi Makan Untuk Diet yang Tepat

Jika kalian menginginkan badan ideal maka kalaian juga harus melakukan diet yang tepat. Kali ini kita akan membahas untuk mengatur porsi makan jika kalian ingin mencoba mengurangi berat badan kalian.

Makanan yang sehat adalah makana yang sudah pasti baik untuk tubuh, jika kalian menginginkan tubuh ideal pasti kalian akan mengonsumsi makanan yang sehat. Namun kalian harus  tahu bahwa bukan hanya dilihat dari makan yang sehat namun kalian juga harus memperhatikan porsi yang kalian makan.

Bagaimana cara untuk mengetahui makan dengan porsi yang tepat

Kita akan membahas sedikir mengenai makan dengan porsi yang pas untuk orang yang sedang menajalankan diet ketat. Kalian harus mengetahui apa saja yang di butuhkan tubuh dan kalori yang masuk dalam tubuh apakah sudah pas dengan kebutuhan tubuh kita.

Ada beberapa pengaruh untuk menentukan kalori yang tepat untuk tubuh yaitu dengan memeperhatikan berat badan, tinggi badan, dan juiga usia serta aktivitas yang di lakukan sehari-hari. Setelah kalian mengetahui jumlah kalori yang kalian butuhkan sehari-hari kalian bagi dengan jadwal makan kalian.

Kita akan membahas garis besar pembagian kebutuhan kalori dalam jadwal makan kita, seperti di bawah ini :
  • Sarapan 20% dari total kebutuhan kalori 
  • Makan siang 30 % dari total kebutuhan kalori
  • Makan malam 25 % dari total kebutuhan kalori
  • Makanan riangan cukup dengan 30% dari total kebutuhan kalori dan kalian juga harus membagi dalam memakan cemialn kalian bisa membagi sama dengan jawal makan kalian setiap hari
Makana pokok, sayuran, lauk pauk kalian harus memeperhatikan dalam pembagian porsinya

Dibawah ini adalah panduan makanan yang harus kalian makan, jika kalian ingin mencoba diet :

Sayuran masukan sepertiga bagian piring makan Anda denan sayuran. Sesuai dengan ajuran, Anda harus mengonsumsi sayuran sebanyak 250 gram dalam sehari, sehingga untuk satu kali makan Anda harus menghabisakan sedikitnya 100 gram. Ukuran 100 gram sayur setara dengan satu gelas belimbung sayur yang sudah matang dan ditiriskan.

Buah-buahan. Untuk buah, mempunyai jatah di dalam piring makan Anda sebanyak seperlima bagian. Sebenarnya kebutuhan buah yang Anda perlukan sekitar 150 gram. Jadi, Anda dapat mengonsumsi 50 gram setiap kali makan berat. Ukuran 50 gram buah setara dengan satu buah pisang atau dua jeruk medan yang berukuran sedang.

Makanan pokok. Jatahmakanan pokok sebanyak sepertiga bagian piring, sama seperti porsi sayur yang Anda makan, yaitu sekitar sepertiga bagian dari piring makan. Makanan pokok ridak hanya nasi saja, ama Anda juga bisa memilih makanan lainnya jika bosan dengan nasi saja, namun Anda juga bisa memilih makanan lainnya jika bosan dengan nasi, sepiring kentang, mie, bihun, ubi, singkong dan sebagainya.

Lauk-puluk. Sementara sisa bagian piring yang masih kosong, Anda dapat mengisinya dengan berbagai jenis lauk-pauk yang terdiri dari protein hewani dan nabati. Masing-masing sumber protein hewani dapat Anda konsumsi sebanyak satu porsi.

Apabila Anda sudah memilih bahan makanan yang sehat dan mengatur porsi makanan, maka Anda sudah semakin dekat dengan hasil diet yang sempurnam dan dijamin kalian pati memiliki hasil yang memuaskan. Dan kalian harus memperhatikan penggunaan garam dan gula yang bisa menggagalkan diet kalian. Jaangan lupa juga untuk melakukan olahraga ringan.