Hubungan Tak Hanya dengan Satu Pasangan atau Disebut Poliamori


Segudang Info-- Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing dalam mengartikan apa itu cinta. Itu sebabnya, terdapat banyak cara pula dalam menjalin hubungan asmara. Kebanyakan orang, terutama di Indonesia, memilih untuk mencintai dan setia pada satu pasangan sampai mati. Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang meyakini bahwa hubungan asmara dapat dijalani dengan lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan. Hubungan jenis inilah yang akan dibahas di artikel kali ini, yaitu hubungan poliamori.

Apa itu hubungan poliamori

Apabila kebanyakan dari Anda mungkin percaya bahwa hubungan asmara hanya dapat dijalani oleh dua orang secara eksklusif tanpa melibatkan pihak lain, itu artinya Anda menganut sistem monogami.

Akan tetapi, ada banyak jenis hubungan cinta yang beragam di dunia ini. Salah satunya adalah hubungan poliamori, di mana suatu hubungan asmara melibatkan lebih dari satu orang.

Artinya , dalam hubungan poliamori, seseorang tidak akan membatasi pasangannya  untuk berhubungan dengan orang lain, begitu pula sebaliknya.

Lantas, apa artinya hubungan ini sama dengan berseligkuh? tentu tidak. Perbedaan  poliamori dan berselingkuh dapat dilihat dari adanya persetujuan antrapasangan.

Perselingkuhan dilakukan tanpa sepengetahuan dan persetujuan pasangan, sehingga salah satu pihak akan merasa terhianati. Berbeda dengan poliamori, Anda dan pasangan sama-sama tahu dan mengizinkan satu sama lain untuk mencintai lebih dari satu orang. Ya, sepintas anda mungkin melihat ini mirip dengan open reletionship.

Baiasanya, mereka yang sepakat untuk terlibat dalama hubungan poliamori harus mengikuti beberapa kunci sukses agar hubungan ini bisa berjalan tanpa atau minim konflik.

Berikut adalah kuci utama yang harus dipegang saat menjalani huubungan poliamori.

1. Kpercayaan

Seperti halnya hubungan asmara monogami,poliamori juga mengharuskan setiap pasangan untuk saling percaya pasa satu sama lain. Hal ini penting agar tidak ada pihak lain yang merasa terluka atau terhianti.

2. Komunikasi

Selain rasa percaya, menjaga komunikasi satu sama lain tentunya menjadi salah satu aspek utama dalam menjalani hubungan poliamori. Masing-masing pasangana harus memebicarakan perasaan dan keinginan masing-masing secra tebuka, terlebih lagi dalam menjalani hubungan dengan lebih dari satu orang.

3. Persetujuan 

Poliamori tentu tidak dapat dijalani tanpqa adanya persetujuan dari masing-masing pihak. Mungkin bagi beberapa orang, hubungan ini terdengaer bebas dan tidak bersifat eksklusif seperti hubungan asmara monogami.

kenyataannya, poliamori juga melibatkan perasaan dan keintiman yangsama dalamnya dengan hubungan monogami. Tidak semua orang akan setuju untuk merelakan pasangannya harus berbagi perasaan cinta kepada orang lain.

4. Saling menghargai

Persetujuan dan rasa percaya adalah kuci yang harus dipegang dalam hubungan ini. Itu sebabnya, sikap saling menghargai perasaan satu sama lain tentu harus dijunjung tinggi ketika seseorang sepakat terlibat dalam hubungan semacam ini. hubungan ini tidak akan berjalan dengan baik jika salah satu pihak meremehkan atau enggan menjaga perasan pasnagannya.

Hal ini penting yang perlu Anda ingat, Anda bukan hanya dituntut untuk mengerti perasaan pasangan Anda. Anda juga dituntut untuk memahami perasaan pasangan dari pasangan Anda.

Orang-orang yang menjalani hubungan polamori percaya bahwa rasa cinta dan keintiman seharusnya tidak sifat eksklusif untuk satu orang saja, tetapi diekpresikan secara bebas dan terbuka kepada siapa saja.

Apa rasa cemburumasih bisa muncul dalam hubungan polamori

Meskipun mungkin lebih minim terjadi, kenyataanya tidak semua orang yang menjalani hubungan ini tebebas dari rasa cemburu. masih banyak pula yang merasa gundah ketika pasangannya menjalani hubungan dengan orang lain, sekalipun kedua belah pihak telah sepakat.

Susan Winter, sorang pakar asmara, mengatakan bahwa semakin banyak orang yang terlibat dalam sebuah percintaan, semakin besar pula gelombang emosi yang dirasakan.

Cemburu adalah perasaan yang wajar dan sangat menusiawi. Walaupun poliamori mengesampingkan kerahasiaan dan mengedepankan keterbukaan, biasa dikatakan hampir sulit menemukan seorang yang benar-benar menerima konsep hubungan ini tanpa merasakan cemburu sedikit pun.