Makanan Khas Manado Terpopuler

Makanan Khas Manado Terpopuler


Makanan Khas Manado Terpopuler

Kota Manado siapa yang tidak tahu, kota yang memiliki khas dengan makanan serba ikan ini. Namun bukan hanya ikan saja yang bisa kalian nikmati, namun kaian juga bisa menyantap berbagai makanan yang bisa kalian nikmati ketika kalian berkunjung di Manado.

1. Ayam rica-rica

Makanan Khas Manado Terpopuler

Ayam rica-rica merupakan makanan khas Manado yang sangat populer. Selain rasanya yang pedas, tampilan warnanya pun merah menyala sehingga sagat menggugah selera para pecinta masakan pedas. Aromanya juga sangat khas capqai dan jeruk nipis. Apabila bumbu yang digunakan anatara lain cabai merah, cabai rawit merah, tomat merah, merica, gula pasir, garam air perasan jeruk nipis, jahe dan daun jeruk.

2. Tinutuan ( Bubur manado )

Makanan Khas Manado Terpopuler

Masakan yang satu ini sudah sering terdengar dan tak kalah banyak peminatnya nahkan semua kalangan menyukai masakan ini. Dalam bahasa Manado, Tinutuan berarti campur aduk. Sesuai namnya, bubur yang satu ini banyak campuran beberapa bahan-bahan seperti beras, santan kental, jangung manis, labu kuning, ubi jalar, bayam, daun melinjo, dan daun kemangi. Bumbu yang digunakan seperti daun salam, serai, dan garam. Cara membuatnya juga mudah dan praktis. Biasanya bubur manado lebih enak jika dimakan dengan ikan asin jambal. tahu, tempe, dan dabu-dabu terasi.

3. Klappertaart 

Makanan Khas Manado Terpopuler

Klappertaart  yang masih ada pengaruh dari zaman penjajahan Belanda merupakan kue khas Manado yang berbahan dasar kelapa. Biasanya kue ini lebih enak disantap apabila disajikan dingin. Klappertaart  dibuat dengan campuran susu, telur, mentega, tepung teringu, dan kelapa. Karena rasanya yang enak, kue ini sudah meluas dan banyak kita jumpai di daerah di luar Manado.

4. Cap tikus

Cap Tikus 1978, Oleh-oleh Baru dari Manado | Manadopedia

Cap tikus merupakan minuman khas Sulawesi Utara Khususnya Suku Minahasa yang merupakan hasil penulingan cairan yang keluar dari pohon enau dan memiliki kadar alkohol yang sangat tinggi serta memabukan.

5. Dabu-dabu

Makanan Khas Manado Terpopuler

Dabu-dabu atau samal iris merupakan sambal khas manado. Sambal ini terbuat dari irisan cabai rawit merah, babai rawit hijau, bawang merah, dan tomat merah, Kemudian ditambahkan peresan air jeruk nipis, garan dan minyak zaitun. Rasanya yang asam dan pedas cocok dipadukan dengan masakan Manado lainya.

6. Ayam tuturuga

Makanan Khas Manado Terpopuler

Ayam tuturuga atau lebih dikenal opor ayam juga merupakan salah satu makanan khas Manado dan banyak kita temui di berbagai daerah di luar Manado. Ayam tuturunga biasaya dicampur dengan kentang dan santan. Penampilan dari ayam tuturuga ini sangat menarik berwarna kekuning-kuningan karena campuran kunyit. Bumbu yang biasa digunakan seperti serai daun pandan, daun kunyit, cabai rawit hijau, bawang merah, jahe, cabai merah, kunyit, kemiri, garam dan tomat hijau kecil.

7. Nasi jaha

Makanan Khas Manado Terpopuler

Nasi jaha yang berbahan dasar beras ketan dan santan merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang banyak digemari masyarakat. nasi jaha bisa dinikmati dengan paduan lauk seperti ayam tuturaga, perkedel jagung dan sambal dabu tanpa lauk paun nasi nikmat untuk disantap nasi jaha dimasak dengan cara dipangang setelah sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang.

8. Ikan kuah asam

Makanan Khas Manado Terpopuler

Ikan kuah asam berbahan dasar ikan. Biasanya digunakan ikan kakap. Ikan kuah asam ini rasanya nikmat dengan perpaduan rempah-rempah seperti bawang merah, cabai merah, jahe, daun jeruk purut, serai, daun kunyit, daun bawang, merica bubuk, garam, kemangi, dan tentunya air perasan daun jeruk nipis.

9. Es kacang merah

Makanan Khas Manado Terpopuler

Es kacang merah merupakan es khas Manado yang berbahan kacang merah rebus. Bahan yang digunakan sederhana dan mudah ditemukan di pasaran seperti daun pandan, susu kental, es serut, dan situp gula aren beraroma jahe. Es kacang merah sangat nikmat jika disantap saat cuaca panas.

10. Papare

Makanan Khas Manado Terpopuler

Papare berbahan dasar ikan. Cara penyajian juga cukup unik. Ikan tonglol yang sudah di tumis dengan bumbu dimasukan kedalam sebuah pare yang sudah  disayat dan di buanga bijinya, diikat dengan benang katun kemudian digoreng dengan minyak pamas. Adapun bahan yang digunakan antara lain santan, putih telur, bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah keriting, garam dan gula.

11. Cakalang pampis

Makanan Khas Manado Terpopuler

Cakalang pampis khas Manado ini berubah ikan cakalang kukus yang disuwir-suwir kemudian dicampur bumbu sudah di tumis. Bahan yang digunakan antara lain bawang merah, bawang merah, bawang putih, jahe, cabai rawit, cabai merah, minyak kelapa, serai, daun bawang dan garam.


Post a Comment

0 Comments