10 Kuliner Jogja yang Enak dan Hits, Kamu Harus Coba

10 Kuliner Jogja yang Enak dan Hits, Kamu Harus Coba

Mampir ke jogja? Jangan samoai kelewatan kulinernya. Ada banyak kuliner Jogja yang bisa kamu coba. Apa saja ya? 

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata primadona di kalangan pecinta traveling. Bukan hanya destinasi alam yang menarik, wisata kuliner pun turut menikmati jato para pelancong.

Yuk intip, berikut ini 10 kuliner Jogja 2019 yang bikin kamu ketagihan untuk balik ke kota istimewa ini.

1. Gudeng mMercon Bu Tinah

Kalau kamu bosan dnegan cita rasa manis gudeg, patut kamu coba kuliner satu ini. Penikmast gudeg pedas cocok datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah yang sudah ada sejak 1992, tepatnya berada di kawasan belakang Pasar kranggan Jogja.

Tempat wisata kuliner ini terletak di pinggir jalan dengan menyediakan baskom yang berisi variasi lauk pauk mulai dari olahan gudeg, semur telur, seker ayam, kampung dan sate ayam. Adapun, gorengan kriuk berupa ceker krispi, mendoan dan bakwan.

Dan, yang spesial dari warung makan ini ialah sambal mercon yang terdiri dari kresek tempe dan olahan cabai. menariknya warun ini menyiapan bahan baku cabai sebanyak 5 kg unruk membuat si samabal mercon ini.

2. Mie Ayam Bu Tumini

Selanjutnya, tedapat kuliner Jogja hist yang wajib nih kamu kunjungi buat kamu para pecinta mi, yaitu Mi Ayam Bu Tumini. Kuliner ini memiliki ciri khas  kuah coklat yang terkenal denganlauk ayam atau ceker, sudag berjuakan sejak tahun 1990.

Kamu bisa menemukan warung mi ini yang terlekat di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan. Dengan menyajika porsi umbonya, kuliner mi ini termasuk dalam kuliner Jogja murah yang bisa kamu cicip. Biasanya, warung mi ayam ini sampai kehabisan ya.

3. Walang Goreng Pak Gareng

Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dujadikan cemil. Walang atau belalang goreng yang terkenal di jagja yang enak ini dibersikhan terutama pada bagian sayap.

Soal rasa, jangan khawatif Detikers, ada banyak varian rasa bumbu yang di tawarkan seperti guruh, pedas hingga bacam. Untuk membuat walang goreng ini memberikan bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai besar cabai rwil, merica dan garam. Nah, gimana rtertarik mencobanya.

4. Sate Kere Beringharjo

Kuliner berikutnya ialah kuliner Jogja Malioboro. Warung sate ini tepatnya berada di sekitar Pasar Beringharjo. Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi hkusunya sate bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.

Penyebutan nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokaso penjualan yang terletak di emperan pasar dan harga yang murah meriah maknya kuliner ini termasuk kuliner jogja murah. Meskipun begitu banyak pembeli sate ini yang mengaku menjadi pelanggan setia sejak dulu.

5. Kalimilk Jogja

Kalo di Bogor ada Cimory, Jogja ada Kalimilk. Di jogja, terdapat salah satu kuliner hist lainnya, yaitu Kalimilk yang menawarkan aneka prouk olahan susu.

Kalimil memiliki konsep kafe modern dengan desain semi terbuka. Cafe ini juga memiliki sebutan unik bagi para pelanggannya, yaitu "Neneners"  Varian rasa ssusu di sini antara lain cookies, durian, dan coklat. Juga kamu bisa memesan dengan dua ukuran, yaitu porsi medium hingga porsi gajah.

6. Es Buah PK 1973

Siapa sih yang menahan godaan kesegaran dari Es Buah PK. Cari yang segar-segar di jogja, tepatnya di kawasan jalan Pakunigaratan Jogja. Semangkok es biaj PK berisi buah nangka, nanas, sawo, kelapa muda, serutan es, susu coklat, dan cincau hitam.

Selain easanya yang enak, pelanggan tertarik untuk menikmati es ini karen hatha yang cukup terjangkau. Jam pengunjung akan ramai saat siang hari, selain menikmati segarnya es bua, juga menikmati menu bakso di sana.

7. SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC adalah singkatan dari Sego Pecel atau nasi pecel. Kuliner satu ini merupakan salah satu kuliner lengendaris sejak tahun 1959. Dulu sego pecel ini hanya bisa dinikmati di kantin Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kehutanan, UGM Jogja.

Cita rasa bumbu oexel ini rasanya cenderung manis, khas masakan joga . Pilihan lauknya antara lain tempe, telor ceplok, sate usus, sate telur puyuh, dan ayam goreng. Selain citara rasa nusantara, kamu bisa lebih merasakan suasana Jogja tempo dulu dengan irisan musik akustik, mulai dari keroncong hingga nostalgia.

8. Lumpia Samijaya

Lumpia memang identik dengan luliner khas Semarang, tepi di Jogka kamu bisa menemukan lumpia enka yang sudah berjualan sejak 40 tahun lalu,

Lumpia khas Joga ini memiliki isian berupa campuran daging ayam, bengkoang, dan telup puyuh. jajanan ini bisa kamu temukan di sekitar kawasan Malioboro, cocok untuk cemilan saat kamu berkeliling.

9. Soto Sampah

Saat kamu berkunjung ke Jogja, jangan lupa utuk kuliner Jogja malam hari yang tak kalah enak. Salah satunya ialah Soto Sampah, jangan heran dulu karena nama kuliner ini berasal dari para pelanggan. Dulu soto ini dinamakan dengan Soto Simak atau Soto becak sebagian besar pelanggannya ialah tukang becak.

Sejak 1970, soto ini merupakan kuliner asli Indonesia, penyebutan kuliner ini karena memanfaatkan gajih sapi dan pandampinglainnya sehingga membuat bihun, daging gajih dan siraman kuah soto.

10.Bakmi Jawa Mbah Gito

Menu bakmi jawa juga menjadi salah satu kuliner  legendaris. Warung bakmi satu ini menyahiikan menu bakmi godhong dan goreng juga terdapat menu lain speerti nasi goreng. Warung ini rupanya dulu bekas kandang sapi. Nyatanya, keunikan inilah yang membuat penguung bakmi tertarik utnuk membli selain rasanya yang enak.

Tepi, tenang saja warung bakmi ini sudah didesain ciamk mengikutin tren kekinian. kamu akan menemukan spot foto instaganic yang akan menyambutmu.