Makanan yang Sering Ditemukan Saat Berbuka Puasa

Makanan yang Sering Ditemukan Saat Berbuka Puasa

Di Bulan Ramadan wisata kuliner agak sepi karena orang-orang berpuasa. Wisata kuliner bisa dilakukan ktika memasuki Bulan Ramadan.

Jutru ada kegiatan yang mengasikkan menjelan puasa yaitu ngabuburit. Saat ngabuburit kamu sambil melakukan wisata kuliner untuk berbuka puasa.

Bahkan ada beberapa kelunier daerah yang bisa ditemukan hanya saat Bulan ramadan saja, mari kita lihat apa saja yang sering kita jumpai saat ngabuburit.

1. Sate Susu -  Bali

Sate Susu merupakan kuliner khas Bali yang hanya muncul di saat Bulan Ramadan. Sate Susu ini dibuat dari bahan dasar payudara sapi yang sudah dewasa pemilihan bagian ini karena sapi bisa memberikan khasiat dan stamina.

Sehingga jika di jual di bulan Ramadhan akan memberikan energi untuk berpuasa seharian. Biasanya sate susu ini dihidangkan bersamaan dengan simbol placik khas Bali yag menggugah selera.

2.  Paket Tapanuli

Saat berkunjung ke Tapanuli di Bulan Ramadan, kamu akan menemukan kuliner khas yakin pakat. Paket merupakan kudapan dari bahan dasar rotan yang beruas muda.

Pemilihan rotan muda ini karena teksturnya tidak terlalu keras dan mudha di potong-potong. Rotan muda biasanya di potong dengan panjang ukuran 5cm. Rotan yang sudah dipotong akan di masak dengan diberi bumbu khusus serta kelapa.

3. Ketan Bintul - Banten


Ketan Bintul merupakan kuliner yang bisa ditemui saat Bulan Ramadan di Serang, Banten. Seperti namnya, ketan bintul bahan dasar ketan sudah di tanak dan di haluskan.

Biasanya Ketan Bintul disajikan bersamaan dengan potongan daging sapi beserta gulai. Namun agar terasa lebih lezat Ketan Bintul juga diberi taburan serundeng kelapa.

4. Sotong Pangkok-Pontianak

Sotong Pangkong merupakan kuliner kuliner khas Pontianak yang sering ditemukan di Bulan Ramadan. Sotong Pongkong berasal dari daging sotong yang dipukul atau digeprek hingga pipih.

Daging sotong yang sudah digeprek biasanya dikeringkan agar memudahkan pembeli untuk mengonsumsinya.

Biasanya Sotong Pangkong dimasak dengan cara dibakar dan diberi dengan bumbu pedas asam manis dari campuran ebi dan cuka.

5. Mie Glosor - Bogor

Mie Glosor bisa di jumpai di Bogor saat Bulan Ramadan tiba. Biasanya warga setempat sering menyajikan Mie Glosor sebagai menu untuk berbuka puasa.

Bagaimana tidak, rasanya yang khas dan menggugah selera menjadi Mie Glosor banyak diburu oleh warga. Mie Glosor sendiri berasal dari tepung tapioka yang diberikan pewarna alami dari kunyit.

Sudah terbayang bukan bagaimana kelezatan rempah yang meresap ke dalam Mie Goreng ini.