Taukah kalian Apa yang Terjadi Saat Kita Koma

Taukah kalian Apa yang Terjadi Saat Kita Koma

SEGUDANG INFO- Kalian pasti tidak pernah mau membayangkan jika anda koma, yang kita tahu saat kondisi koma sering kali di perlihatkan bahwa orang koma itu seperti orang yang sedang tertidur panjang. Namun banyak juga yang mengata bahwa kondisi koma adalah kondisi dimana roh dan tubuh tidak menyatu atau terpisah. Namun apakah pendapat itu sama dengan pendapat medis, mari kita bahas mengenai kondisi tubuh kita saat koma.

Kenali dahulu apa itu koma

Dalam ilmia koma itu sendiri suatu kondisi dimana hilangnya kesadaran dalam waktu yang cukup lama. Koma sering kali di sebabkan oleh cedera atau trauma serius, penyakit , atau racun.  Hal ini mengakibatkan pembengkakaan atau perdarahan jaringan otak. Dan karena pembengkakan tersebut, otak dalang tengkorak jadi terhimpit sehingga tekanan dalam otak meningkat drastis. Darah dan oksigen pun jadi terhambat masuk ke otak. 

Dan kalian perlu tahu di tahapan ini , yang terganggu adalah fungsi otak. Otak akan membuang sisa cairan dna racun ketika ia berfungsi dengan bai, namun jika otak tidak bekerja dengan baik maka ia tidak akan menghambat pengeluaran cairan dan racun yang megakibatkan penyumbatan di dalam otak yang mengakibatakan hilangnya kesadaran dan dinamakan koma, namun masih hidup.

Beginilah kondisi kita saat sedang koma

Jika kalian pernah melihat pasien koma, maka kalian bisa melihat bahwa mereka tidak akan bisa dibangunkan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menerima rangsangan dari luar, meskipun kebutuhan untuk dirinya pun tidak bisa.

Kalian juga harus tahu cara kerja kesadaran manusia yang begitu rumit dan tidak bisa kita duga dan samgat misterius. kecanggihan teknologi pun tidak bisa mengukur kesadaran atau membaca fikirian manusia secara konkret.

Kesaksian pasien yang bangun dari koma menyatakan ia bisa mengingat dan merasakan yang terjadi disekitanya saat ia koma. Meskipun tidak bisa di buktikan untuk kesaksiannya, namun tidak bisa juga dikatakan bahwa itu tidak lah terjadi.

Apakah mungkin pasien yang koma masih merasakan kesadaran

Kesadaran dalam ilmu kedokteran masih diperdebatkan, namun  kesadaran bisa definisikan sebagai ada atau tidaknya aktivitas di otak manusia. Jika pasien yang menunjukan sedikit kesadaran maka fungsi di otaknya masih ada dan masih bisa beraktivitas meskipun tidaklah sempurna.

kemungkinan dari segala aktifitas yang  bisa dilakukannya hanyalah mendengar sedikit di sekitarnya namun otaknya tidak mampu dirinya tidak bisa mengerti apa yang terjadi dengan dirinya. namun pasien yang berbeda hanya bisa menujukan keadaan yang sangat lirih dengan menggerakan jari dan mengeluarkan suara.

Jika masih ada reaksi seperti itu pasien  masih ada kemungkinan dudah kembali sadar, namun belum begitu penuh kembali seperti keadaan sebelumnya. Para ahli mngatakan bahea keadaan ini tidak ada batas yang jelas mengenai kesadaran penuh dengan hilang kesadaran. Maka dari itu sulit untuk membedakannya pasien yang koma itu sebenernya masih sadar atau tidak.